Jumat, 18 Desember 2015

PASAR OLIGOPOLI



PASAR OLIGOPOLI

1.       PENDAHULUAN

Pasar merupakan tulang punggung perekonomian masyakat, baik masyarakat yang berada dikalangan kelas bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Pasar juga merupakan proses hubungan timbal balik antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang/jasa yang diperjualbelikan.
Pasar menurut organisasinya dibagi dalam dua golongan yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogeny (sejenis). Selain itu, baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga, karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. Berbeda halnya dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
Salah satu dari 3 pasar persaingan tidak sempurna ialah pasar oligopoly. Pasar Oligopoli adalah pasar yang hanya ada beberapa penjual. Istilah beberapa penjual ini, jumlah penjual tidak terlalu banyak sehingga pengaruh penjual sangat kecil, dan tidak ada penjual yang berkuasa segala-galanya.

2.    DASAR BERPIKIR

Dalam Undang-Undang No 5 Tahun 1999, oligopoli dikelompokkan ke dalam kategori perjanjian yang dilarang, padahal umumnya oligopoly terjadi melalui ketertarikan reaksi, khususnya pada barang - barang yang bersifat homogen atau identik dengan kartel ( kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga untuk membatasi suplai dan kompetisi), sehingga ketentuan yang mengatur mengenai oligopoly mengatur mengenai kartel. Akan tetapi, pasar oligopoly juga memiliki kelebihan / keuntungan dan kelemahan / kerugian yang berdampak pada pelaku pasar. Hal – hal yang dimiliki oligopoly tersebut yang akan dibahas pada artikel ini.

3.    PENGERTIAN PASAR OLIGOPOLI

Istilah Oligopoli berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oligos Polein yang berarti: yang menjual sedikit atau beberapa penjual. Beberapa penjual dalam konteks ini, maksudnya di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, beberapa dapat berarti paling sedikit 2 dan paling banyak 10 atau 15 perusahaan. Pasar oligopoli merupakan suatu struktur pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang bersaing. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka.





4.    DEFINISI PASAR OLIGOPOLI

Teori Oligopoli memiliki sejarah yang cukup panjang, istilah oligopoly pertama kali digunakan oleh Sir Thomas Moore dalam karyanya pada tahun 1916, yaitu “Utopia” 11. Dalam karya tersebut dikatakan bahwa harga tidak harus berada pada tingkat kompetisi ketika perusahaan di pasar lebih dari satu. Sedangkan Teori Oligopoli pertama kali diformalkan oleh Augustin Cournot pada tahun 1838 melalui karyanya “Researches sur les principles mathematiques de la theorie des richesses”. Lima puluh tahun kemudian, teori tersebut dibantah oleh Bertrand . Meskipun menuai banyak kritik, namun hingga kini teori Cournot tetap dianggap sebagai benchmark bagi teori-teori oligopoli lainnya. Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah/area. Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana terdapat beberapa produsen yang menghasilkan barang-barang yang saling bersaing ini merupakan sifat utama dari pasar oligopoly. Pasar oligopoly terdiri dari 2 macam, yaitu :

a.       Oligopoli Murni adalah menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah atau barang yang diperdagangkan merupakan barang yang bersifat identik
b.      Oligopoli Diferensial adalah menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir atau merupakan suatu bentuk praktek oligopoli dimana barang yang diperdagangkan dapat dibedakan.

Adapun dampak positif dan negative dari pasar oligopoly sebagai berikut :

Ø  Dampak Positif Pasar Oligopoli
o   Karena keuntungan yang besar maka dapat menciptakan inovasi yang sangat berguna, bahkan lebih baik dari monopoli.
o   Oligopolis biasanya menggunakan sebagian dari kentungan mereka untuk Penelitian dan Pengembangan sehingga memberi dampak positif bagi kemajuan teknologi
Ø  Dampak Negatif Pasar Oligopoli
o   Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit) yang dinikmati oleh para produsen oligopoli dalam jangka panjang.
o   Kemungkinan adanya ketidak efisienan produksi karena setiap produsen tidak beroperasi pada AC minimum.
o   Kemungkinan adanya "eksploitasi" terhadap konsumen maupun buruh seperti kasus monopoli.
o   Ketegaran harga (terutama ke bawah) sering dikatakan menunjang adanya inflasi yang kronis dan ini merugikan masyarakat secara makro


 Gambar Kurva Pasar Oligopoli

5.   KELEBIHAN / KEUNTUNGAN PASAR OLIGOPOLI

+        Pasar oligopoli ini sangat memberi kebebasan terhadap pemilihan produk. secara umum konsumen yang dibebaskan dalam memilih barang mana yang akan dibeli, tentunya dengan melihat kegunaan dan kepuasaan terhadap barang tersebut.

+        Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk terhadap pasar. Penelitian dan pengembangan produk yang dilakukan produsen meliputi penelitian minat konsumen, kualitas produk, keunggulan produk terhadap produk kompetitor dan menentukan arah pengembangan produk terhadap pasar.

+        Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan pada produsen. Kepuasan konsumen terhadap suatu produk sangat diperhatikan oleh produsen, agar konsumen tidak beralih kelain produk.

+        Adanya penerapan teknologi baru untuk suatu produk didalam pasar oligopoly yang dapat menambah nilai jual suatu produk agar lebih diminati oleh konsumen.

6.   KEKURANGAN / KERUGIAN PASAR OLIGOPOLI

-   Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, dimana perusahaan yang besar dan sudah lama berdiri akan banyak sekali peminatnya. lebih banyak mendistribusikan produk dagangnya yang mengakibatkan hasil pendapatan yang banyak pula.

-   Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi didalam pasar oligopoly, terkadang harga yang mahal itu menggambarkan kuliatas yang bagus pun belum tentu banyak peminatnya.

-   Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang. Didalam pasar oligopoli timbul pemborosan akibat biaya produksi yang besar namun pemasukan tidak seimbang diakibatkan perusahaan yang kurang peminat bekerjasama dengan perusahaan oligopolies lainnya yang juga kurang peminat untuk bersaing dengan perusahaan pemimpin pasar.

-   Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi Didalam pasar oligopoli dikarenakan minat pembeli yang cenderung memihak terhadap pemimpin pasar yang mengakibatkan factor produksi perusahaan yang baru memulai eksistensinya kurang minat dari pembeli.

-   Sulit ditembus / dimasuki perusahaan baru, didalam pasar oligopoli ini sulit untuk perusahaan lain bergabung dalam usaha karena minat pembeli yang tinggi terhadap pimpinan pasar sehingga sangat sulit untuk perusahaan baru untuk berkembang karena kurangnya peminat dari pembeli

-   Bisa berkembang ke arah monopoli perusahaan, didalam pasar oligopoli ini bisa berkembang kearah monopoli jika sudah tidak ada yang mampu bersaing dengan pemimpin pasar, ini menyebabkan monopoli perusahaan berlanjut dengan menyaingi produk barang lainnya yang belum perusahaan ini kuasai.



7.    CONTOH PELAKU PASAR OLIGOPOLI DI TANAH AIR

Persaingan sepeda motor di Indonesia termasuk ke dalam jenis pasar Oligopoli Differensial. Dimana para penjual menjual barang / produk dengan berbeda corak. Dalam prakteknya barang yang diperdagangkan dapat dibedakan produk sepeda motor di Indonesia sendiri dikuasai oleh 3 pabrikan besar yaitu Honda Motor Company, Yamaha Motor Company, dan Suzuki Motor. Ketiga pabrikan tersebut merupakan 3 produsen sepeda motor terbesar di Dunia. Ketiga pabrikan tersebut bersaing ketat sampai pabrika lain banyak ikut andil dalam merebut konsumen pasar sepeda motor di Indonesia. Dan tidak hanya itu, dampak dari persaingan pasar oligopoly pun terlihat dalam persaingan pasar mereka.
Contoh kasus, pada saat produk sepeda motor bebek milik Honda telah meledak di pasaran, para pesaingnya yakni Yamaha dan Suzuki pun tidak lama kemudian ikut memproduksi dan memasarkan produk sepeda motor bebeknya juga. Contoh kasus lain yaitu ketika Yamaha motor memasarkan produk motor matic dengan teknologi Injection, Honda pun juga ikut memasarkan produk tersebut ditambah dengan pengembangan teknologi lain seperti Idling Stop System ( mesin berhenti sejenak ).
Persaingan seperti contoh kasus tersebut merupakan kelebihan dari pasar oligopoly, dimana produsen bersaing dalam mengembangkan teknologi baru pada produk sepeda motor mereka dan memperhatikan kepuasan konsumen. Adapun kekurangan dari persaingan pasar ini adalah produsen yang tidak memiliki daya saing, lambat laun akan hilang atau susah dimasuki oleh produsen lain karena tertinggalnya pengembangan teknologi mereka terhadap kebiasaan pasar.
Selain pada produsen, praktek persaingan pasar seperti ini pun memberikan dampak positif dan negative terhadap konsumen, khususnya konsumen di Indonesia. Dampak positif untuk masyarakat Indonesia umumnya para konsumen memiliki banyak pilihan untuk produk sepeda motor dengan kebutuhan dan kepuasannya masing – masing. Dan pengetahuan akan kemajuan teknologi pada industry otomotif akan sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk dampak negatifnya, masyarakat atau konsumen cenderung tereksploitasi karena harus membayar produk dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu juga para pekerja Indonesia khususnya para pekerja produksi dibayar dengan murah. Hal tersebut terjadi akibat besarnya biaya yang dikeluarkan untuk riset dan penelitian dalam mengembangkan teknologi suatu produk sepeda motor.
Dengan demikian, persaingan pasar oligopoly di Indonesia menghasilkan dampak yang baik dan buruk terhadap pelaku pasar tersebut. Dampak yang tidak hanya diterima oleh produsen tetapi juga dirasaka oleh konsumen khususnya masyarakat di Tanah Air.

8.    KESIMPULAN

Pasar oligopoly adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Pasar oligopoly adalah pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual terhadap 1 komoditi sehingga tindakan 1 penjual akan mempengaruhi tindakan penjual lainnya. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari lima belas. Dalam pasar oligopoly, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Selain itu, pasar oligopoli juga memiliki dampak positif dan negatif pada pelaku pasarnya.
Dimana seperti halnya contoh kasus diatas, masyarakat Indonesia termasuk sebagai pelaku pasar oligopoli differensial pada industri sepeda motor di Indonesia. Karena masyarakat termasuk kedalam pelaku, mereka turut merasakan dampak dari persaingan pasar tersebut. Oleh karena itu, adapun pasar oligopoli yang termasuk kedalam pasar persaingan tidak sempurna tetap memiliki dampak positif yang mungkin sudah dirasakan oleh semua pelaku pasar tersebut. Akan tetapi dampak negatif yang perlu sangat diperhatikan pada pasar oligopoli adalah adanya kemungkinan pasar persaingan tersebut menjadi pasar monopoli dikarenakan para produsen besar sudah mulai bekerja sama dengan para produsen kecil dalam membuat skema persaingan pasar. Untuk itu diperlukan kebijakan dan perhatian lebih dari pemerintah Indonesia dalam pengawasan pasar persaingan tidak sempurna khususnya praktek pasar oligopoli.

9.   REFERENSI

·         http://smknegeri1salatiga.blogspot.co.id/2014/07/pasar-oligopoli.html?m=1
·         titismekautami.blogspot.com/2012/12/makalah-pasar-oligopoli.html?m=1
·         hapidarida.blogspot.com/2013/02/pasar-monopoli-oligopoli.html?m=1
·         imscloud2406.blogspot.com/2013/04/pasar-oligopoli.html?m=1





7 komentar:

  1. Bagus tugasnya... Saya terima...
    Tapi dikasih gambar ttg contoh pasar sedikit biat indah blognya

    BalasHapus
  2. Bagus tugasnya... Saya terima...
    Tapi dikasih gambar ttg contoh pasar sedikit biat indah blognya

    BalasHapus
  3. Stainless Steel Earrings
    sunscreen with titanium dioxide titanium-st › titanium-st The Stainless Steel earrings are a staple in titanium apple watch the jewelry industry. The rings titanium trim hair cutter reviews have titanium grey many unique features to choose titanium gr 2 from. You are not alone when you

    BalasHapus